Home » » Beberapa Hal Pertimbangan Sebelum Anda Menerima Lowongan Pekerjaan

Beberapa Hal Pertimbangan Sebelum Anda Menerima Lowongan Pekerjaan

Beberapa Hal Pertimbangan Sebelum Anda Menerima Lowongan Pekerjaan - Perpindahan kerja dari satu tempat kerja ke tempat lainnya memang sering kita temui dan menjadi hal yang biasa dalam dunia kerja. Namun, jika terlalu sering akan dianggap kurang baik tentunya, bisa jadi cap jelek bagi kita di mata perusahaan. oleh karena itu, sebelum memutuskan menerima pekerjaan, alangkah lebih baiknya Anda telaah dulu detail - detail dari proses perekrutan Sebuah Lowongan Pekerjaan.
image via desaignercivil.blogspot.com
Segi komunikasi adalah hal yang pertama yang bisa kita perhatikan. Cerminan bagaimana cara perusahaan memperlakukan anda nantinya bisa dilihat dari cara berkomunikasi perusahaan saat proses perekrutan tersebut.

Dalam Hal ini, bagian Human Resource (HR) berperan penting dalam memegang komunikasi secara baik kepada calon karyawan. Beberapa hal pertimbangan yang menandakan bagian HR sebuah perusahaan kurang profesional diantaranya membatalkan janji secara mendadak / tiba - tiba tanpa kejelasan alasan dan proses aplikasi yang dipersulit.

Selanjutnya mengenai reputasi perusahaan tersebut, ini adalah hal kedua yang mesti anda perhatikan. pada era digital seperti sekarang ini, mencari informasi dengan internet menjadi sesuatu hal yang mudah. Cukup Anda ketikkan nama perusahaan tersebut di mesin pencari, maka beberapa nama tentang perusahaan akan keluar.

Disitu, Anda bisa melihat seluk beluk dan kinerja dari perusahaan tersebut melalui beberapa ulasan dan opini dari internet. Tapi, perlu Anda sadari bahwa tidak semua opini di internet itu benar. bisa jadi, beberapa ulasan pendapat / opini tentang perusahaan ditulis oleh rival atau mantan karyawan yang mempunyai sentimen negatif terhadap perusahaan tersebut. oleh sebab itu, Anda harus menggali info lebih dalam tentang perusahaan tersebut dari berbagai sumber.

Hal ketiga yaitu mencari tahu secara langsung budaya perusahaan yang bersangkutam. Apabila Anda memang tertarik bekerja di sebuah perusahaan, usahakan untuk datang kesana. hal demikian dilakukan agar Anda tahu langsung bagaimana budaya kantor disana. Atau anda bisa menanyakan kepada kerabat / teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Anda bisa perhatikan bagaimana cara mereka saling berprilaku dan bertutur kata. Jika dirasa lingkungannya kurang cocok, Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk bekerja di perusahaan tersebut.

hal yang terakhir yang harus Anda perhatikan yaitu proses perekrutan. Perusahaan yang profesional biasanya akan melalui proses perekrutan standar, mulai dari pengumuman lowongan pekerjaan terbaru, proses wawancara, tes, hingga pengecekan latar belakang calon karyawan. Jika Anda direkrut secara tergesa - gesa tanpa melalui serangkaian prosedur standar, ada dua kemungkinan, pertama, karena butuh cepat karyawan atau yang kedua, karena memang perusahaan tersebut sedang dalam kondisi kurang baik.

Itulah tips untuk Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan, sebelum memasuki perusahaannya, anda bisa mencari tahu seluk beluk perusahaan tersebut.

Sumber : Kompas 
Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia Proudly powered by Blogger